RS Borromeus
  • Information : +62 (0)22-2552001
  • Customer Care Center : +62 (0)22-82558000

Tentang Kami

  • txt

Visi Rumah Sakit Borromeus

Dalam terang dan semangat Iman Kristiani, kami mengabdi seutuhnya untuk keselamatan jiwa dan raga bagi sesama manusia tanpa membedakan suku, kebangsaan, golongan, warna kulit, asal-usul, status sosial-ekonomi, agama dan kepercayaan.
Tugas mewartakan Kabar Keselamatan bagi umat manusia adalah  Kami menghormati martabat dan nilai-nilai kemanusiaan yang luhur dan mendasar. Kami peduli kepada mereka yang kurang
mampu untuk mengurangi kesesakan hidup. Kami adalah organisasi nirlaba yang ingin tumbuh berkembang, mandiri dan peduli terhadap
perubahan menuju masa depan yang lebih baik. Apa yang kami peroleh selalu kami kembalikan kepada masyarakat. Para pengabdi kehidupan yang menjalankan tugas mulia dibidang pelayanan dan
karya sosial ini menjadi sumber daya yang utama dan amat bernilai

Misi Rumah Sakit Borromeus

Dengan semangat cinta kasih Kristiani kepada sesama manusia dan pengabdian yang tulus, kami menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi yang membutuhkan kesehatan jiwa dan raga. Kami selalu berbuat dan memberikan yang terbaik untuk meningkatkan mutu kehidupan masyarakat dibidang kesehatan di Indonesia

NILAI – NILAI

Cinta kasih Kristiani
Kehidupan adalah kurnia Allah
Mengutamakan keselamatan dan kesembuhan pasien
Kesetiaan, kesiapsediaan, kejujuran, kesederhanaan, keramah-tamahan dan
tanggung jawab
Mutu pelayanan terbaik

TUJUAN

Memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik
Meningkatkan mutu kesehatan masyarakat
Menyelenggarakan pendidikan kesehatan yang bermutu
Meningkatkan kesejahteraan karyawan

MOTTO

Kasih Dan Kepedulian Kami Untuk Anda

Salam Sejahtera,

Sebuah perjalanan kasih dalam bentuk pelayanan kesehatan telah hadir, tumbuh, berkembang dan berubah menjadi perwujudan Masyarakat Bandung yang sehat. Diawali oleh semangat kasih 6 orang Suster Kongregasi Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus yang hadir di Bumi Parahyangan telah meletakan kasih dan merintis pelayanan kesehatan bagi masyarakat Bandung dan Sekitarnya.

Sejak tanggal 18 September 1921 RS Santo Borromeus berdiri sebagai rumah sakit yang dibanggakan dan dicintai masyarakat kota khususnya Bandung dan Jawa Barat pada umumnya. Banyak prestasi dan atribut penghargaan telah diraih, namun yang lebih penting dan utama, Rumah Sakit Santo Borromeus telah mampu berjalan berdampingan dengan Masyarakat Bandung, dengan para pemangku kepentingan (Stake Holder) dan tentunya dengan Pemerintahan, sehingga menjadikan Rumah Sakit Santo Borromeus terus tumbuh dan berkembang dalam sarana dan prasarana, peralatan medis terkini dan produk layanan yang sejalan dengan kebutuhan Masyarakat.

Tidak terasa waktu berjalan terus dan tahun 2017 ini RS Santo Borromeus menginjak usia ke – 96 tahun, dengan kapasitas 436 tempat tidur dan senantiasa tumbuh berkembang menjadi rumah sakit terkemuka. Didukung oleh tenaga para dokter, perawat yang ramah dan tenaga professional lainnya dengan dilengkapi peralatan modern sesuai perkembangan teknologi terkini dan terus mengemban komitmen yang kuat serta semangat cinta kasih tanpa syarat dan berbelarasa dalam melayani masyarakat. Semangat dasar dari para suster Cinta Kasih Carolus Borromeus terus berkembang, dilaksanakan oleh seluruh karyawan dan menjadi karakter dalam pelayanan kepada sesame sehingga RS Santo Borromeus tetap menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang prima sesuai dengan visi dan misi Perkumpulan Perhimpunan Santo Borromeus.

Kepercayaan yang diberikan masyarakat membuat RS Santo Borromeus dikenal sebagai rumah sakit rujukan Kabupaten / Kota, Provinsi, Nasional bahkan menjadi mitra strategis beberapa Rumah Sakit ternama di tingkat regional Asia. Dalam kiprah pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Santo Borromeus telah menjadi Mitra Pemerintah dalam menyukseskan program Implementasi Sistem Jaminan Kesehatan Nasional.

Selain pengembangan SDM yang berbasis kompetensi dan berbudaya ICARE RS Santo Borromeus telah mengembangkan beberapa layanan kesehatan baru seperti layanan Klinik Estetika Kulit, Rehabilitasi Medik yang dilengkapi fasilitas Gym, Baby Day Care, Baby Spa dan Jaccuzy, Kamar Operasi dengan Teknologi Hybrid dan Ruang perawatan intensif dengan Cubical System.

Kepercayaan masyarakat terhadap Rumah Sakit Santo Borromeus senantiasa di respon dengan cara melakukan inovasi layanan, peningkatan teknologi, dan perubahan paradigma pelayanan yang mengarah kepada  pelayanan holistic yang mempromosikan pasien dan keluarga sebagai mitra dalam pelayanan.

Bersatu dalam kasih Tuhan yang tiada batas, merupakan spirit pelayanan yang tidak membedakan Suku, Agama, Ras, Warna Kulit dan Status Ekonomi, Sosial dan Politik. Rumah Sakit Santo Borromeus telah berdiri dan berkembang bersama Masyarakat dan Mutu Pelayanan yang kami sediakan tentunya untuk Masyarakat.

Kemitraan sejati hanya akan terwujud ketika semua pihak saling memahami kebutuhan, sikap berserah diri dalam karya mulia dan profesionalitas pelayanan yang berkelanjutan, kami hadir untuk memberikan yang terbaik bagi setiap masyarakat yang merindukan pelayanan kesehatan yang terbaik.

TOGETHER WE STEP FORWARD

Perjalanan dan perjuangan tanpa pernah mengenal kata lelah telah membuahkan hasil yang dapat dinikmati oleh para pasien. Pengembangan peralatan, penataan, manajemen, peningkatan Sumber Daya Manusia terus dilakukan, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang bermutu dan paripurna.

Penghargaan yang telah dicapai 1993 : Tampil Kerja Rumah Sakit Tingkat Jawa Barat,

Ranking I 1993 : Tampil Kerja Rumah Sakit Tingkat Nasional,

Ranking I 1996-1999 : Tampil Kerja Rumah Sakit Tingkat Jawa Barat, Ranking I 1997 : Tampil Kerja Rumah Sakit Tingkat Nasional,

Ranking III 1999 : Tampil Kerja Rumah Sakit Tingkat Nasional,

Ranking II 1998 : Akreditasi Rumah Sakit 5 Bidang : 1. Administrasi & Manajemen 2. Keperawatan 3. Pelayanan Medis 4. Unit Gawat Darurat 5.

Rekam Medik 2001 : ISO 9001 : 2000 untuk “Quality Management System”. 2010 : ISO 9001:2008 untuk “Quality Management System”. 2011 : Penghargaan dalam usaha penghematan energi oleh Walikota Bandung Bapak Dada Rosada

2011 : Penghargaan dari markplus insight sebagai “ THE MOST RECOMMENDED HOSPITAL: Bandung” & “BANDUNG SERVICE EXCELLENCE CHAMPION” Keberhasilan dalam bidang medis 1.

Rekor MURI: Keberhasilan dalam proses persalinan bayi kembar lima yang pertama di Indonesia yang terjadi pada 1996 dengan tim dokter yang terdiri atas dr. Eddy Haswidi, SpOG, dr. Munazar Surya Chandra, SpA dan dr. Sandjaja Soetadji, SpA.

Tahun 2011 tepatnya bulan Oktober kami mendapatkan 3 penghargaan sekaligus rekor Muri dengan Kategori: Penyelenggara melukis wajah dengan peserta terbanyak, Penyelenggara bayi merangkak dengan peserta terbanyak dan penyelenggara Ibu Menyusui dengan peserta terbanyak.

2. Keberhasilan menolong bayi dengan berat badan lahir 1.100 gram pada 1997 dan berat badan lahir rendah (BBLR) 700 gram, yang lahir prematur pada Maret 1999. Sampai sekarang kondisi kesehatan bayi baik.

3. Pada 2010, kami telah melaksanakan operasi VATS (Video Assisted Thoracoscopic Surgery) dan CABG (Coronary Artery Bypass Grafting Surgery). Sampai saat ini, kondisi kesehatan pasien baik.

4. Sejak 2009, kami telah melaksanakan Total Knee Operation dan Arthroscopy Repair, rekonstruksi ACL (anterior cruciate ligament) dan PCL (posterior cruciate ligament).

5. Sejak tahun 2010 kami sudah melakukan Radiologi intervensi, yang sudah dilaksanakan diantaranya adalah: TACE( Transcatheter Arterial Chemo Embolization), TACI (Transcatheter Arterial Chemo Infusion), Coiling pada Aneurisma, DSA ( Digital Substraction Angiografi) dan Brain Flushing, sampai sekarang kondisi kesehatan pasien baik.

6. Penerapan Little Schmidy Fall Score (LSFS) untuk menurunkan KTD “Angka Kejadian Jatuh pada Pediatrik” di Ruang Irene RS Santo Borromeus, tahun 2011. Semua penghargaan itu tidak didapat dengan mudah. Perjalanan yang panjang, penuh keringat dan pengorbanan telah dipersembahkan oleh para pengabdi kehidupan. Semuanya itu dipersembahkan bagi para penderita yang mengalami kesesakan hidup, agar dengan demikian nama Tuhan dimuliakan dan sesama diabdi.

Sebuah logo sering kali mencerminkan filosofi, citacita, harapan dan impian pembawanya. Menanyakan “Apalah arti sebuah logo?” sama halnya dengan mengecilkan nilai nama seseorang—satu hal yang pernah dikatakan William Shakespeare. Warna putih pada logo mewakili kemurnian dan kesucian.
Salib berwarna kuning pada bagian atas logo menggambarkan pentingnya karya Kristus sebagai sumber cinta kasih dan pengharapan Kristiani yangabadi kepada Allah dan sesama manusia. Warnanya sendiri melambangkan keluhuran dan keabadian. Memang benar, Kristus adalah sumber kekuatan utama dalam menjalankan tugas mulia menolong sesama manusia yang membutuhkan.
Pada bagian pusat logo, lampu Florence Nightingale berdiri sebagai lambang cinta, teladan yang baik dan kasih sayang terhadap sesama manusia, meskipun saling berbeda. Bara api melambangkan semangat dan keberanian. Sang lampu sendiri mewakili motivasi utama dalam  mengabdikan diri demi kebutuhan orang lain—seperti cahaya yang tidak pernah padam.
Kedua telapak tangan coklat dimana sang lampu berdiri merupakan lambang hasrat dan kesiapsediaan menerima rahmat Kristus yang diwujudkan dalam karya pengabdian. Lambang ini merupakan manifestasi kerja keras dibawah berkat Allah.
Bagian pinggir logo ditandai oleh sederet rantai hijau yang berjumlah 18. Sebagaimana Anda tahu, organisasi kami berdiri pada 18 September 1921.
Rantai melambangkan semangat persatuan. Simbol itu merupakan himpunan kekuatan yang mendasari karya kemanusiaan : kekuatan belas kasih, kekuatan cinta, dan—sekecil apa pun—kekuatan harapan.
Selama bertahun-tahun, impian dan harapan tidak pernah berubah. Rentang waktu yang telah kami lewati mungkin cukup panjang bagi semua orang.
Namun, semua itu tidak ada artinya apabila dibandingkan dengan apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita. Kami berjanji bahwa tidak ada satu pun yang akan berubah. Bara api akan tetap sehangat dulu.

Komite Etik

Komite Etik Rumah Sakit adalah suatu perangkat rumah sakit yang membantu pimpinan rumah sakit dalam melaksanakan Kode Etik Rumah Sakit Seluruh Indonesia (KODERSI) dan menjaga pelaksanaan Good Ethical Practice dalam pengelolaan rumah sakit demi pelayanan

Komite Medik

Komite Medik adalah perangkat rumah sakit untuk menerapkan tata kelola klinik (clinical governance) agar staf medis di rumah sakit terjaga profesionalismenya melalui mekanisme kredensial penjagaan mutu profesi medis, pemeliharaan etika dan disiplin profesi medis.

Komite Keperawatan

Komite Keperawatan adalah perangkat rumah sakit yang menjadi wadah profesi keperawatan yang berfungsi meningkatkan profesionalisme keperawatan melalui kegiatan penyusunan standar, peningkatan kompetensi perawat, serta kegiatan pemantauan dan penjagaan mutu asuhan

Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi

Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (KPPI) mendukung peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang prima dan profesional, khususnya dalam pencegahan dan pengendalian infeksi di lingkungan RS Santo Borromeus

Rumah Sakit Santo Borromeus • All Right Reserved